Fashion Show Shafira (Behind The Runaway 2017)

March 12, 2018

Hi all,



Bu Fenny Mustafa, Founder Shafira

Bekerja di dunia fashion itu gak gampang - segampang datang ke acara fashion show terus duduk duduk aja manis nunggu model lewat. No - that is not that easy.
Paling tidak, beberapa hal yang aku alami selama bekerja di Shafira adalah aku bisa jadi lebih menghargai orang orang fashion. Background-ku yang di bidang Industri ini terus tiba tiba bisa nyemplung ke Shafira Corporation - ya aku bersyukur jadinya tahu all about behind fashion.

















Saat itu 2016 - untuk mempersiapkan produksi di tahun 2017 sudah dari jauh -jauh hari dipersiapkan. Mulai dari vendor jahit, purchasing raw material (fabric etc), dan tentu saja brainstorming designnya.
Waktu itu aku urus all about production - singkat cerita - untuk fashion show di bulan February (Mufest 2017), aku harus siapkan vendor jahit dan penjahitnya dari tahun 2016.

Presentasi dihadapan para Vendor Shafira - 2017


Vendor vendor se- Indonesia itu juga melalui hasil inspeksi selama masa kerjanya saat bekerja bersama Shafira - vendor vendor yang memiliki kualitas yang baik. Mostly, mereka sudah bekerja dengan brand ini cukup lama, paling termuda pun di relationship selama 5 tahun.

Cek artikel mengenai MUFEST SHAFIRA 2017 disini : Shafira.com/Article

Saat itu, para merchandiser dan designer mengambil tema : :Lebaran Bersama Shafira - maaan.. thats a lot stuff to do.
Kalian mungkin sudah mengenal brand ini sebagai busana yang ekslusif. Kenapa ekslusif? Karena mulai dari pola, style, dekorasi bajunya itu gak sembarangan. Hampir 60 artikel design ditampilkan dengan koleksi mulai dari Dress, Koko, dan Sarimbit keluarga. Dan... aksen bordirnya! Kalau kalian pengen tahu, it will need almost 2 months buat bikin bordirnya sendiri.
Melly Goeslaw sebagai penyanyi di acara Runaway Fashion Show MUFEST SHAFIRA 2017


Saat itu, berasa di 2016 aja sudah degdegan menuju lebaran 2017. Penjahitnya pun sama. Karena ini semua ada flow process.. dari fabric diterima, QC inspection (mengecek kualitas bahan), proses jahit, proses bordir, proses payet... Tiap proses aja ada QC Inspectionnya. Telat 1 proses - pending ke semua. Belum lagi dari sisi Marketing Communication yang harus membuat event fashion show. Dari audisi model, fitting dan mempersiapkan katalog pemotretan, digital marketingnya. Fiuh....

Mungkin sisi inilah yang terlupakan bagi para konsumen atau penikmat fashion. Fashion is not just about wearing beautiful things - but art nya adalah kita mempersiapkan itu semua dengan waktu, tenaga, pikiran, dan voilaaa jadilah runaway terbaik yang pernah ada.

Jadi, aku salut banget dengan para orang orang dibelakang layar, behind the runaway ini. Sekarang setiap beli baju kadang mikir, ini bikinnya dimana ya, apa bahannya ribet saat harus di QC atau dijahitnya? Hehe..

Dunia fashion bukan hanya sekadar membahas mode busana terbaru, melainkan juga produksi nya, strategi pemasaran, distribusi tepat ke tiap tiap store ataupun konsumen mitra.

And it is hard - girls. Trust me.
Di fashion show pertama aku ini juga (behind the scene loh haha berasa kaya buat fashion show sendiri ya) aku undang temen temen dari Hijabers United, Team Vendor Jahit Shafira, dan juga keluarga : Mom, tante, dan sepupu-sepupu ku.


Akhir cerita :
Being a part of Shafira team, aku bersyukur banget.
Karena dari sini - aku berhijab, mengenal teman dan keluarga baru, bertemu berbagai para Man Behind The Scene - which is gue bangettt gitu.
Patience is real - there is a beauty inside of it.


No comments:

Powered by Blogger.