HIPERANDROGEN, Apa tuh?

March 06, 2018



pearllife.com, 2018 - Buat kamu yang sering banget bermasalah sama jerawat, jangan dianggap enteng deh. Karena hari ini aku diundang oleh Beautynesia untuk berbincang dengan dr. Dave dari Lineation @lineation.id di acara Discover New Confidence yang temanya adalah "Waspadai Hiperandrogen Penyebab Jerawat Membandel Pada Wanita".

Ternyata, kita harus waspada banget, girls! Karena jerawat membandel yang kamu alami bisa jadi karena HIPERANDROGEN.

Nah, apa itu HIPERANDROGEN?
Atau Hyperandrogenism wikipedia adalah kondisi medis dimana seseorang memiliki kelainan hormon berlebih, yaitu hormon androgen pada wanita dan menyebabkan efek samping pada seseorang tersebut. Ternyata 10-20% wanita usia productive bisa memiliki kelainan HIPERANDROGEN. Kadar testosteron yang tinggi pada wanita ini dapat menyebabkan efek samping serius pada tubuh jika tidak diketahui dan diobati sejak dini.

Scary part -nya...
Tingkat testosteron tinggi tersebut akan berkaitan erat dengan jerawat, obesitas, hipertensi, amenore (penghentian siklus menstruasi), dan yang parah.. disfungsi ovulasi yang dapat menyebabkan ketidaksuburan!

Serem juga ya, makanya kenali yuk apa sih gejala HIPERANDROGEN itu.

  1. Jerawat - terutama jerawat yang memerah dan bahkan bernanah dan biasanya di daerah rahang dan sulit diatasi meski sudah dengan obat jerawat
  2. Oily skin berlebih
  3. Seboroik, atau kulit bersisik atau juga ketombe membandel yang terus terusan ada di lokasi kepala yang sama
  4. Hirsutisme - ini yang serem. (Kata dr. Dave loh serem). Karena hirsutisme ini adalah pertumbuhan pola rambut wajah yang tidak biasa pada wanita. Nah, pola pertumbuhannya menyerupai pria, seperti kumis, bulu dada
Gejala gejala abnormal yang dialami wanita ini lah yang terkadang membuat penderita hiperandrogen juga memiliki masalah krisis kepercayaan diri. Padahal, kelainan ini bisa kita obati dan hindari loh!
Gejala yang paling terlihat dan bisa kita definisikan apakah ini gejala Hiperandrogen atau bukan adalah JERAWAT.

Jerawat (?)
Duh, siapa sih yang gak pernah jerawatan.. Terus, semua yang jerawatan itu Hiperandrogen dong?

Jerawat yang diakibatkan oleh Hiperandrogen ini ditandai dengan bentuknya yang cukup besar (Nodule) dan letaknya beragam (namun vital di sekitar rahang, area punggung bahkan dada). Penderitanya akan memiliki jenis kulit yang sangat berminyak. 
Sebenarnya ada macam macam penyebab jerawat, dari bakteri, inflammatory food, stress, dan gangguan hormon, seperti hiperandrogen ini.


So. what should I do?
Kalau kamu punya keluhan diatas, ada baiknya langsung konsultasi ke dokter. Semakin dini diketahui kelainan tersebut, akan semakin mudah untuk mencegah dan mengobatinya. Karena, biasanya gejala ini akan terlihat di usia belia kita.

Dokter nanti tidak hanya akan mengobati efek jerawatnya, namun juga si HIPERANDROGEN nya. Jadi tidak usah khawatir! Kemarin disebutkan, selain dari bantuan kontrasepsi, antibiotik, antiandrogen, benzolperoxide yang tentunya sesuai dengan prescription dokter.

Namun.. hal itu semua harus paralel dengan POLA HIDUP yang sehat. Biasakan dari usia dini untuk mengkonsumsi buah buahan dan sayur yang cukup. Stop dengan makanan digoreng dengan minyak yang tak jenuh. Hindari caffeine dan gula yang berlebih dan juga hindari makanan alergi kamu. Karena semua itu bisa memicu penyebab jerawat berlebih.

Jadi, jangan sepelekan jerawat kamu. Ayo segera cek ke dokter terdekat apabila jerawatmu seperti kriteria diatas dan mari kita hidup sehat sejak dini!

XOXO,
Pearl

No comments:

Powered by Blogger.