Basic Travel 101: Best App & Website Trip Planner Versiku (Yuk jalan jalan tanpa tour travel!)

July 22, 2018

[Basic Travel 101]

Merupakan segmen dari pearllifey.com untuk membahas persiapan menjadi seorang traveller 💓



Pengen banget ga sih rasanya jalan jalan tanpa perlu worry dengan jadwal padat dari tour travel.. Pengen costumize jadwal trip, ke tempat tempat anti mainstream dan pengen berasa seperti penduduk lokal disana tanpa grogi disapa orang karena kelihatan banget ga tau jalan? Setiap aku trip - sempat pernah kepikiran untuk menggunakan tour travel karena hal hal diatas. Tapi bad thoughts itu semua bubar..... karena aku menggunakan tools dan aplikasi berikut yang membuat aku nyaman di negri orang tanpa takut berasa sendirian! Hello... Udah 2018, masih aja takut untuk travelling? Yuk simak tips berikut, aplikasi wajib yang menurut aku terbaik banget saat digunakan untuk travelling!

1. Google Map
Image result for google map adalah
www.google.com
adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum (wikipedia.com)

Sesuai definisi diatas, inilah alasanku lebih memilih google map ketimbang aplikasi maps sejenis. Akses aplikasi ini sampai ke pejalan kaki dan transportasi umum. Aku biasanya sampai di airport negara orang, langsung aja search alamat yang dituju, nanti google maps akan memberikan berbagai opsi mulai dari kendaraan pribadi hingga bus/kereta. Transit di mana, jalur kereta yang mana.. dan super easy banget. Aku selalu merasa seperti orang local dan jarang banget disapa orang orang tour disana karena ya ga celingak celinguk cari arah hehe.
Bahkan, fitur 360 panorama nya membuat aku biasanya lihat lokasi dulu setiap point destinasi (misal homestay a, jalan b).. jadi saat nanti sudah disana, " oh iya yang ini...." berasa kaya udah kesana padahal baru lihat di panorama 360 nya google maps! 

2. Google Trip
Image result for google trip
www.google.com
Emang aku cinta banget deh sama Mbak Google.. Hehe. Aplikasi ini masih terbilang baru, sekitar 2016 mulai hadir di Indonesia. Aplikasi ini persembahan google untuk para traveller - nah tujuannya sebagai assistant travelling.  Trips berperan sebagai manajer perjalanan pengguna, mulai dari urusan tiket pesawat, reservasi hotel, informasi destinasi wisata, hingga rekomendasi personal berdasarkan kebiasaan user berselancar maya di Google.

Ini yang membuat aku ga perlu menggunakan tour travel - banyak rekomendasi travel spot disini, rekomendasi hotel, dan rekomendasi itinerary! Selain itu yang membuat aku makin cinta, google trip ini akan merekap semua reservasi email kita. Dia akan membacanya mulai dari reservasi tiket museum, hotel, penerbangan yang emailnya masuk ke gmail kita. Setelah itu, voila! Perjalanan kamu tiba tiba akan terangkum oleh Trips ini (Athens 12 Jun- 18 Jun) misalnya seperti itu. Selain itu aplikasi ini juga offline. Kamu ga perlu ribet cek satu satu email kalau mau check in, ke tempat wisata yang sudah reservasi email sebelumnya. Tinggal buka Trips, dia akan manage semua!

Semenjak menggunakan ini, aku hanya awalnya membuat itinerary draft untuk memesan tiket dll. Setelah itu, ketika semua reservasi email nya masuk ke gmail ku, tinggal buka Trips aja. Langsung ada deh itinerary fix dari perjalanannku. Dia juga akan remind kita jika sudah mendekati waktu waktu travelling di itinerary tersebut. Totally recommended!

3. Booking.com
Related image
www.booking,com
Seru ga tagline nya? Planet Earth's #1 Accomodation Site. Well, ya karena memang begitulah. Hehe. Millions of hotel di seluruh dunia sudah mereka rangkum dalam websitenya. Yang aku suka dari booking.com - dia bisa pesan tiket tanpa bayar dulu. Hehe. Jadi kepake banget nih kalau yang mau mengajukan visa, kita kan harus membuat itinerary bayangan. Nah, dengan booking.com - aku bisa pesan hotel dan mendapatkan bukti reservasinya tanpa harus membayar. Caranya gampang banget, kamu tinggal search hotel di tempat destinasi tujuan kamu dengan filter : Free Cancellation / Pembatalan Gratis. Setelah itu, lakukan next step nya seperti kamu memesan hotel seperti biasa. Taraa.... Booking letternya bisa di print dan diberikan ke embassy untuk proses pembuatan visa! 
Image result for free cancellation booking.com
www.booking.com

P.S : Memang mungkin ada website lain yang menawarkan free cancellation seperti ini - tapi dari segi lettering nya, aku lebih suka booking.com ini lebih rapi dan jelas. Selain itu, detail pembayarannya aga ambigu di letter nya, sehingga untuk sebagai dokumentasi visa yaa.. bisa lah ya hehe karena aga menyaru dengan letter booking yang sudah bayar. Menurut aku ini penting banget, karena kadang aku pesan hotel H-1 sebelum berangkat, atau kadang di lokasi. Tiba tiba pengen ke kota ini atau ke kota itu. Namun untuk pembuatan visa kan kita harus membuat itinerary dan reservasi, nah that is why fitur ini penting sehingga setelah visa beres, kamu bisa cancel dan pilih hotel sesuai keinginan kamu,

4. Skyscanner 
Image result for Skyscanner best travel apps
www.skyscanner.com
Well well well.. Sudah dinobatkan oleh semua traveller sebagai situs pembanding yang dabest! Hehe. Jika kamu memang lagi berburu tiket murah, aplikasi ini jawabannya. Aplikasi ini memiliki fitur ciamik yang bisa kita jadikan panduan dalam mencari waktu liburan. Setiap tahunnya, Skyscanner selalu merilis data waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat berdasarkan hasil riset dan pembacaan data. Ikuti panduannya dan niscaya kamu bisa mendapatkan harga termurah ke destinasi impian! Selain itu fitur yang kerennya, ada  “Bulan Termurah”, “Sepanjang Bulan”, “Sepanjang Tahun”, “Perbandingan Harga” dan “Info Harga” .

5. Aplikasi Tambahan Lainnya : Flixbus, Uber, Airbnb
Santorini, Greece May 2018. Nih, buktinya aku survive ke Yunani dengan menggunakan fitur fitur ini. Cerita detailnya on next post yaaa

Ketiga aplikasi ini bukan menang di fitur sih.. tapi di harga hehe. Kalau kamu travelling di Eropa, flix bus jagonya. Kamu bisa naik bis malam, tiba di kota yang diinginkan di pagi sampai sore, malamnya naik bus lagi (Itinerary aku banget hehe). Harganya murah banget dan Flixbus ini nyaman kaya di pesawat. 

Selain itu Uber - yaa... kalau seperti di negara yang transportasi umumnya kurang bagus, kamu bisa pakai Uber buat kemana mana. Dan kita semua udah tau yaa mengenai range harganya. Yang jelas, aku suka banget pake Uber karena sudah widely used internationally. 

Untuk Airbnb, if you want to feel more like local tourist - nebeng di rumah orang bisa jadi salah satu alternatif. Aku sering banget menggunakan airbnb - karena berasa di rumah sendiri dan sengaja mengambil lokasi yang aga jauh dari kota sehingga lebih terasa orang local. Kadang rumah mereka itu mindblowing banget, beda banget mulai dari furniture, layout, hingga kebiasaan unik di rumahnya. Aku punya berbagai teman yang sampai sekarang masih keep contact karena sudah menjadi host ku saat liburan. Kan ada mbah google maps, jadi ga perlu kuatir untuk kesasar mencari alamat airbnb nya!
Image result for airbnb germany
My home sweet home, Airbnb Berlin Germany
6. Last but not least : Triplingo!
Triplingo.com

Ingin travelling ke tempat wisata yang tidak berbahasa Inggris? Aku pakai ini kemana mana. 
TripLingo adalah pilihan yang tepat jika ingin mengetahui kosakata dan ungkapan dalam bahasa asing. Aplikasi ini menyediakan 19 bahasa asing, seperti Spanyol, Portugis, Italia, Prancis, Jerman, Yahudi, India, Jepang, Korea, Tiongkok, Rusia, Thailand, Yunani, Denmark, Finlandia, Hungaria, Norwegia, Polandia, Slowakia, dan Swedia. Tak hanya itu saja, TripLingo juga bisa menerjemahkan bahasa menggunakan suara yang direkam hingga 180 bahasa dan dialek asing

-------------------------------------------------
Semua aplikasi ini FREE! Kamu bisa dapatkan di Playstore/Appstore.
Dengan fitur-fitur dan aplikasi diatas, aku bisa trip dengan nyaman, sesuka hati ku tanpa di "grusuh-grusuh" dengan jadwal tour travel. Aku bisa seperti orang local yang liburan santai dan tenang. The power of jaman now ya... Dunia bisa dalam genggaman!

Kalau menurut kamu bagaimana? Punya aplikasi / website yang bisa direkomendasikan? Please let me know!




14 comments:

widya revina said...

kalo andalan ak : web gothere :-D

widya revina said...

andalan ak : gothere :-)

Rara Febtarina said...

wiii sabi banget nih jadiin buat referensi, thx so much

Tian lustiana said...

google trip ini andalan banget kalau ngetrip.

Hani Noer said...

wow Santorini!
Artikelnya bermanfaat banget ini

Hani Noer said...

Wow Santorini !
Artikelnya bermanfaat banget ini buat yang pengen backpackeran

Larasati Neisia said...

Wohoo noted teh, aku rencana mau ke Thailand tahun ini, entah mau ikutan open trip atau swadaya. Kalo swadaya semua aplikasi ini pasti berguna banget hehe

Alia Sulistyanti said...

Nice infooo

Ratnasari Pevensie said...

Waah infonya sangat bermanfaat terimakasih banyak Teteh😊

Ratnasari Pevensie said...

Waah infonya sangat bermanfaat terimakasih banyak Teteh😊

Megha Rachma said...

Keren banget infonya.. thanks

Green Lady said...

Bergunaaa bangeddd ini semua aplikasinyaa, thnx yuu for sharing 😆😆

rahmi camcam said...

Mantep teh, lengkap bat appsnya😀
Gak sabar mau ngtrip...

Helda Kardyana said...

note nih bermanfaat banget makasih informasinya shay

Powered by Blogger.