Travel Hacks! (Mastering your Travel Life) X Bandung Hijab Blogger

August 21, 2018

[pearllifey, 2018]
Beranjak dari collaboration post ku pertama kalinya dengan BHB (Bandung Hijab Blogger) Check this post!, aku jadi ketagihan untuk ikut next collab nya yang bertemakan : Useful Tips for Life. Nah di tema kali ini, aku akan kasih kalian tips daily travel life.. yang simple tapi semoga berguna di kehidupan travelmu sehari hari yaaa...

1. Isi Bensin - Biasakan by Litre, bukan by Harga !
1950's gas stations - Bing images
www.redbubble.com
Hayo hayo hayo... Siapa diantara kalian kalau isi bensin bilangnya gini : "Mas, isi 100rb ya?"
Hehehe. Tips pertama dari aku adalah mengenai isi bensin. Biasakan untuk berbicara by satuan beratnya, yaitu liter. Misalnya jadi minta 10 liter, 20 liter.. Jangan ketakutan untuk dapat kembalian receh, justru kamu harus ketakutan kalau isi bensin kamu jadi literan receh kayak banyak digit dibelakang koma. Emang sih... Moto mereka mengusung pasti pas", tapi just in case aja, yang namanya koma pasti ada pembulatan. Aku lebih prefer untuk pesan isi bensin by liter, bias pas biarin aja kembalian receh hehehe.

2. Extra copies of your important documents!
Leather Document Case, Folio, Attache...  Full Grain Veg Tan Leather. Handmade in my shop.. $99.00, via Etsy.
One bundle - Just in Case.
Yang ini penting...banget. Kamu wajib untuk selalu fotokopi dokumen pribadi, mulai dari KTP, SIM, STNK, Paspor, BPJS, NPWP.. apapun itu yang bersifat private.  Kalau aku bahkan selalu sedia foto 2x3, 3x4, 4x6, jaga jaga aja siapa tahu butuh. Dan memang, kadang tak terduga kita membutuhkan itu secepatnya. Selain itu, kalau misalnya dokumen asli kamu hilang, kamu bisa mengurus untuk pembuatan yang baru lebih mudah jika ada fotokopiannya. AKu selalu simpan sebundle dirumah dan satu bundle di dompetku. Mencegah lebih baik!

3. Need wifi? Everywhere in the world - check Mc Donalds!
McLappy. Very clever, catches the eye and gets you to at least refocus on what it actually is.
www.mcdonalds.com
Oke. Ini bukan endorse. Tapi mungkin worldwide traveller tahu, dimana hati kita berlabuh disaat kita sedang kesasar dibelahan dunia manapun dan bokek lagi jadi fakir wifi, mc donalds jawabannya.
Selalu dengan password : McDelivery 14045, dibelahan dunia manapun.... selalu sama.
Kalau kamu merasa bad feeling karena pake wifi gratis, yaa.. beli ada french fries atau sundae nya 1. Abis itu lanjut wifi- an lagi deh hehehe... So, first thing first jika kamu sampai di negara tertentu, cari lambang M kuning dimana pun kamu berada ya.

4.  Airport Life Tips : Empty Bottle and Fill at Gate
Related image
www. businessinsider.com
Kamu suka bingung ga? Saat di waiting room, kok ada orang masih bawa botol minum, padahal di security check, botol minum kamu dibuang. Padahal saat menunggu pesawat, bisa memakan waktu lama yang membuat kamu haus. Nah tips nya adalah, kamu harus menyiapkan botol kosong, baik itu kamu bawa sendiri atau botol mineral yang beli di supermarket, tapi kosongkan isinya.
Nanti, setelah lewat pemeriksaan gate, kamu tinggal melipir kepojokan untuk mencari tap water. Nah.. Diisi deh botol kosongmu, dan voilaa.. Kamu bisa minum didalam waiting room dan bahkan membawanya sampai ke dalam pesawat. Untuk backpacker kayak aku, ini penting banget karena kadang harga di pesawat bisa jauh lebih pricey ketimbang bawa makanan/minuman sendiri.

5. Tools wajib saat Travelling : Earplug, Selimut Tipis, Face Masker!
Sleep well on airplane : Yes We can Do It! (www.thrillist.com)
Ini barang penting ga penting. Wajib banget dibawa, earplug! Mau itu beneran earplug atau headset, whatever your choices. Tapi apalagi kalau travelling dan diperjalanan, kamu bisa menghindari orang orang yang 'berisik' saat tidur ataupun menghindari kebosanan di perjalanan, musik jadi alternatif wajib.
Selain itu, selimut tipis! Aku biasanya membawa kain bali, karena bisa aku gunakan sebagai alas piknik, alas karpet pantai, rok jadi jadian, ataupun selimut saat tidur di airport heheheh. Tidak memakan space juga, bahkan aku selalu membawanya di ransel, bukan di koper sehingga mudah dikeluarkan saat dibutuhkan dimanapun kita berada.
Terakhir, face mask! Andalan banget, apalagi kalau kita sampai 12 jam perjalanan, badmood diperjalanan, face mask bisa membuat kita lebih fresh baik itu literally di wajah kita dan mood kita hehehehe.


So, segitu dulu aja teman teman tips travel life dari aku. Semoga berguna.. Jika ada yang sudah menerapkannya, alhamdulillah ya sehati hehe.. Kalau belum, semoga berkenan dan bisa jadi inspirasi bersama.
Thank you for reading my post! See you on the next collaboration!



No comments:

Powered by Blogger.